Ulasan LG 32UK550: Monitor Gaming HDR 32 4K HDR

LG 32UK550 adalah monitor UHD 4K berukuran 32″ dengan dukungan HDR, gamut warna lebar, rasio kontras tinggi, dan banyak fitur game termasuk AMD FreeSync. Terlebih lagi, ini tersedia dengan harga yang sangat menarik, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan gigabyte fv43u 4k 144hz freesync hdr gaming monitor.

Kualitas gambar

Monitor LG 32UK550 didasarkan pada panel VA (Vertical Alignment) oleh Innolux, yang menawarkan rasio kontras statis 3.000:1, gamut warna DCI-P3 95% yang lebar , dukungan kedalaman warna 10-bit, dan kecerahan puncak 300-nit.

Sekarang, aset utama di sini, serta sebagian besar tampilan panel VA, adalah rasio kontras. Sebagai perbandingan, monitor 4K yang menggunakan teknologi panel lain (IPS dan TN) pada kisaran harga ini memiliki rasio kontras 1.000:1.

Artinya, pada LG 32UK550, warna hitam akan lebih gelap, dan putih akan lebih cerah, memungkinkan pengalaman menonton yang lebih mendalam, terutama di ruangan gelap.

Sejauh reproduksi warna berjalan, tampilan IPS unggul dalam hal akurasi dan konsistensi warna.

Namun, LG 32UK550 memiliki lampu latar gamut warna lebar, yang memungkinkannya menutupi 95% ruang warna DCI-P3 (setara dengan ~125% sRGB). Jadi, konten yang kompatibel (HDR, Blu-ray, dll.) akan mendapatkan warna yang lebih hidup dan hidup.

Konten yang tidak mendukung DCI-P3 tetapi bergantung pada gamut sRGB yang lebih luas akan memiliki warna jenuh yang menghasilkan warna seperti neon. Beberapa pengguna lebih suka ini; beberapa tidak karena merah bisa tampak merah muda, kuning bisa lebih dekat ke oranye, dll.

Sayangnya, tidak ada profil sRGB yang ditiru. Namun, Anda dapat menggunakan mode gambar Rec.709 sebagai gantinya, yang pada dasarnya identik dengan sRGB jika Anda membutuhkan reproduksi warna yang lebih akurat untuk pembuatan konten, atau jika Anda tidak menyukai warna jenuh yang disediakan oleh DCI-P3 gamut.

Jelas, untuk pekerjaan akurat warna profesional, tampilan panel IPS lebih disukai, tetapi untuk beberapa pembuatan konten tingkat pemula dan dasar, LG 32UK550 akan baik-baik saja.

Selanjutnya, sementara monitor mendukung HDR (High Dynamic Range), ia tidak memiliki sertifikasi DisplayHDR 400 entry-level VESA, yang membutuhkan setidaknya 400 nits kecerahan puncak sedangkan 32UK550 memiliki 300-nits.

Sertifikasi HDR400 tidak terlalu berarti karena ada layar tertentu yang memiliki kecerahan puncak 400-nit, tetapi tidak memiliki resolusi dan kontras yang tinggi atau gamut warna selebar 32UK550.

Jadi, meskipun monitor HDR mungkin memiliki sertifikasi DisplayHDR 400, LG 32UK550 sebenarnya memberikan kualitas gambar HDR yang lebih baik daripada kebanyakan layar HDR400!

Tentu saja, untuk pengalaman menonton HDR yang luar biasa, layar membutuhkan kecerahan puncak yang jauh lebih tinggi (setidaknya 600-nits) serta peredupan lokal, tetapi ini juga akan sangat meningkatkan harga monitor.

Secara keseluruhan, layar LG 32UK550 menawarkan kualitas gambar SDR dan HDR yang luar biasa mengingat harganya, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Jeda input LG 32UK550 berjumlah sekitar 9 ms, yang membuat penundaan yang tidak terlihat pada 60Hz.

Kecepatan waktu respons ditentukan pada 4ms GtG (waktu transisi piksel abu-abu ke abu-abu), tetapi seperti yang terjadi pada sebagian besar tampilan panel VA, beberapa noda objek yang bergerak cepat terlihat di video game, terutama dalam adegan yang lebih gelap.

Ada empat opsi overdrive waktu respons (Mati, Normal, Cepat, dan Lebih Cepat). Sebaiknya gunakan preset ‘Normal’ atau ‘Cepat’ karena ‘Lebih Cepat’ memperkenalkan overshoot piksel.

Secara keseluruhan, jumlah ghosting dan gerakan kabur dalam game cepat dapat dikelola. Namun, jika Anda seorang gamer FPS yang sangat kompetitif, Anda harus mempertimbangkan Gaming Monitors dengan kecepatan waktu respons yang lebih cepat, selain itu, LG 32UK550 mendukung AMD FreeSync.

Teknologi ini dapat menghilangkan semua layar robek dan tersendat dengan penalti lag input minimal (~1 ms) selama Anda memiliki GPU yang kompatibel, dan kecepatan bingkai Anda tetap dalam rentang VRR (kecepatan penyegaran variabel) monitor, yang berjumlah 40-60Hz.

Menggunakan FreeSync dengan kartu NVIDIA yang kompatibel (seri GTX 10 dan yang lebih baru) tampaknya hanya berfungsi dalam mode FreeSync ‘Dasar’, yang memiliki rentang VRR lebih terbatas 48-60Hz.

Dengan kartu AMD dan Xbox One, FreeSync bekerja tanpa masalah menggunakan mode ‘Extended’ (40-60Hz).

Hal lain yang perlu diingat tentang monitor ini adalah sudut pandang.

Mereka tidak selebar panel VA Samsung tertentu, sehingga beberapa perubahan kecil dalam gamma dan saturasi akan terlihat saat melihat layar dari sudut miring, tetapi tidak seburuk yang terjadi pada panel TN. 

Terakhir, karena kepadatan piksel tinggi yang diberikan oleh resolusi 4K pada layar LG 32UK550 31.5″ yang dapat dilihat, Anda mungkin perlu menggunakan penskalaan (125% – 150%) agar teks kecil dapat dibaca.

Ini akan mengurangi jumlah real estat layar yang tersedia, tetapi akan meningkatkan kejernihan dan ketajaman detail.

Fitur

Monitor LG 27UK550 HDR menawarkan menu OSD (On-Screen Display) yang terorganisir dengan baik dengan banyak fitur berguna dan penyesuaian yang dapat diakses dengan mudah menggunakan joystick yang ditempatkan di bawah bezel bawah.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Kontrol Pada Layar LG untuk menyesuaikan pengaturan monitor menggunakan mouse/keyboard Anda.

Fitur termasuk Black Stabilizer untuk meningkatkan visibilitas dalam game yang lebih gelap, Dynamic Action Sync untuk input lag minimal, dan 15 preset gambar yang telah dikalibrasi sebelumnya (Pembaca, Foto, Bioskop, Efek HDR, Ruang Gelap, FPS, RTS, dll). ditambah empat HDR khusus mode (Game HDR, Bioskop HDR, dan sebagainya).

Anda juga akan menemukan alat penyesuaian gambar tingkat lanjut, termasuk pengaturan suhu warna manual (dengan penambahan 500K), rona/saturasi 6-sumbu, empat prasetel gamma, dan ketajaman gambar.

Perhatikan bahwa monitor memiliki lampu latar bebas kedip dan filter cahaya biru rendah bawaan, yang akan memastikan pengalaman menonton yang nyaman tanpa ketegangan mata/sakit kepala yang dapat disebabkan oleh penggunaan layar dalam waktu lama.

Desain & Konektivitas

Desain monitor menampilkan bezel yang cukup tebal; sasis memiliki lapisan matte sementara layar memiliki lapisan matte anti-silau 3H, yang menghilangkan pantulan.

Meskipun dudukannya tidak terlalu kokoh, Anda dapat melepaskannya dan memasang layar menggunakan pola VESA 100x100mm. Anda juga dapat memiringkan layar sebesar -5°/15° dan meninggikannya hingga 110mm.

Opsi konektivitas mencakup dua port HDMI 2.0, satu input DisplayPort 1.2, jack headphone, dan port saluran audio untuk speaker terintegrasi 5W ganda.

Semua konektor layar mendukung HDR, 4K hingga 60Hz, dan HDCP 2.2, yang memungkinkan Anda menonton konten yang dilindungi salinan dari layanan streaming seperti Netflix dalam resolusi 4K UHD asli.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.