Cara belanja hemat jelang Lebaran, nggak membuat tekor

Cara belanja hemat jelang Lebaran, nggak membuat tekor

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari besar yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Biasanya, menjelang Lebaran masyarakat bakal sibuk buat persiapan diri untuk menyambutnya. Dari menjadi belanja pakaian baru, belanja sembako, belanja hampers untuk dibagikan ke sanak saudara dan lain sebagainya.

Mengingat tambah meningkatnya kebutuhan menjelang Lebaran, tidak sedikit dari masyarakat yang bakal tambah boros dan melaksanakan pengeluaran lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Nah, agar duit THR dan tabungan tetap aman atau tidak tekor karena boros belanja jelang Lebaran, anda harus pintar menghemat duit belanja. Bagaimana caranya? Yuk, review lima cara belanja hemat jelang Lebaran, dirangkum brilio.net dari beraneka sumber pada Sabtu (16/4).

1. Catat kebutuhan Lebaran

Lakukan pencatatan segala kebutuhan kamu, bukan keinginan kamu. Catat segala kebutuhan dari yang miliki nilai paling tinggi sampai yang miliki nilai paling rendah.

Dengan melaksanakan pencatatan, setidaknya sanggup meminimalisir barangkali belanja barang yang sebetulnya tak diperlukan atau diperlukan. Pastikan untuk belanja kebutuhan yang jadi prioritas utama.

2. Jangan enteng tergiur diskon rekomendasi produk .

Menjelang Lebaran kebanyakan ada banyak barang dan product yang didiskon secara besar-besaran. Usahakan agar tidak enteng tergiur dengan diskon tersebut.

Sebaiknya membelilah segala suatu hal secukupnya. Ketika menghadapi diskon besar, usahakan untuk lebih bijak dan detil dalam belanja. Jangan belanja barang yang tidak terlalu diperlukan cuma karena tawaran diskon.

3. Jangan terlalu kerap ke pusat perbelanjaan.
Sekadar jalan-jalan atau datang ke pusat perbelanjaan sebetulnya menyenangkan. Namun ingat, aktivitas seperti itu juga memerlukan duit yang selanjutnya menuntut anda untuk melaksanakan pengeluaran.

Kunjungi mal atau pusat perbelanjaan seperlunya saja. Tinggal di rumah justru atau menggunakan sementara di area ibadah bakal memicu anda lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

4. Batasi diri untuk belanja online.

Berbelanja online jadi tidak benar satu pelarian untuk menggunakan duit THR jelang Lebaran. Maka dari itu, batasi berbelanja online bila barang yang dibeli bukanlah suatu kebutuhan. Jangan juga enteng dipengaruhi oleh diskon-diskon yang ada di online shop atau e-commerce, agar anda sanggup mengelola duit THR lebih bijak dan cerdas.

Kalau barang belanjaanmu sudah melebihi batas, lebih baik anda uninstall aplikasi e-commerce agar tidak tambah tergiur dengan promo Lebaran.

5. Sisihkan duit THR untuk dana darurat.

Jelang Labaran, masyarakat yang berstatus sebagai karyawan kebanyakan bakal memperoleh THR dari perusahaan tempatnya bekerja. Coba sisihkan sebagian THR yang anda dapatkan untuk dana darurat.

Akan ada banyak keperluan-keperluan yang nggak terduga di masa mendatang. Untuk itulah persiapkan sebaik-baiknya dana darurat. Biasanya dana darurat sanggup digunakan untuk perbaikan mobil, perbaikan rumah, ongkos pendidikan anak, dan terakhir adalah untuk ketidakpastian kesehatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.