Labuan Bajo 101: Panduan, Tips & Trik Sebelum Pergi Biar Liburan Jadi Maksimal!

Labuan Bajo 101: Panduan, Tips & Trik Sebelum Pergi Biar Liburan Jadi Maksimal!

Kamu bisa saja udah sering memandang foto-foto Labuan Bajo kece yang berseliweran di media sosial, jadi dari foto perbukitan Pulau Padar yang ikonik hingga Pink Beach yang hits di Pulau Komodo.

Yup, destinasi yang satu ini sebagian tahun terakhir memang jadi primadona pariwisata Indonesia, lebih-lebih sehabis kini udah ditetapkan jadi tidak benar satu destinasi wisata super prioritas.

Berencana untuk memandang keindahan pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo secara langsung? Tunggu dulu, sebelum akan pergi ada sebagian perihal yang harus kamu memperhatikan dan persiapkan agar keseruan liburan jadi tambah maksimal.

Baca juga: https://www.gumilangtour.com/

Ini Tempat Wisata Kekinian di Labuan Bajo, Sudah Tahu Belum?
Spot Diving & Snorkeling Terbaik di Labuan Bajo, Pecinta Laut Wajib ke Sini!
Pantai Unik nan Indah di Labuan Bajo, Siap-Siap Terkesima!
Tips & Trik Sebelum Wisata ke Labuan Bajo
Sudah jauh-jauh ke Labuan Bajo, tapi ternyata liburan jadi nggak maksimal gara-gara tidak cukup persiapan. Nggak rela kan hal-hal kayak gini terjadi? Untuk itu, kamu harus persiapan yang lumayan masak sebelum akan berlibur, kawan dekat tiket!

Mungkin kamu bertanya-tanya, perihal apa aja sih yang harus dipersiapkan sebelum akan ke Labuan Bajo? Kali ini, tiket.com bakal membicarakan wejangan dan juga tips dan siasat agar liburan ke Labuan Bajo selamanya puas dan menyenangkan. Check this out!

1. Siapkan Budget
Labuan Bajo Tips – budget

Banyak yang berpikiran bahwa Labuan Bajo adalah destinasi kelas atas gara-gara biayanya yang nggak murah. Memang, Labuan Bajo nggak bisa disamakan bersama destinasi ramah kantong layaknya Jogja.

Namun, jikalau kamu bisa menyesuaikan dan buat persiapan budget bersama pas dan cermat, kamu selamanya bisa berlibur bersama ongkos yang lebih murah, kok!

Kamu bisa menekan budget bersama menginap di hostel murah Labuan Bajo, menyewa motor untuk bepergian, hingga pilih transportasi melalui jalur darat atau laut ketimbang pesawat.

Selama di Labuan Bajo, kamu bisa pilih tur open trip untuk Live on Board (bermalam di kapal sambil mampir dari pulau ke pulau) yang murah. Namun, siap-siap untuk bersua bersama rombongan lain di kapal ya!

Jika punyai ongkos lebih, kamu bisa coba paket Live on Board yang lebih nyaman. Ada banyak operator yang menawarkan bermacam fasilitas, layaknya kabin mewah, sarana karaoke, area kerja, hingga jacuzzi. Ada bermacam resort mewah termasuk yang siap jadi tempat bermalam.

Estimasi Biaya Selama di Labuan Bajo

Biaya budget rendah: Rp3.000.000 – Rp6.000.000-an/ orang*

Biaya budget tinggi: Mulai dari Rp10.000.000-an/ orang*

2. Tentukan Waktu Kunjungan, dan Datang Saat Waktu Terbaik

Sobat tiket, apakah kamu punyai target spesifik saat tengah berlibur di Labuan Bajo? Iya, sekiranya kamu pengin lebih banyak snorkeling dan diving, atau malah pengin trekking di pulau eksotis sekitar Labuan Bajo?

Jangan tidak benar kawan dekat tiket, gara-gara ternyata target ini berpengaruh lho bersama saat terbaik untuk mampir ke Labuan Bajo! Catat ya saat terbaiknya!

Kalau pengin snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan alam terbaik Labuan Bajo, kamu bisa mampir saat April hingga Juni.

Mau memandang keeksotisan pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo saat trekking? Musim kemarau adalah saat terbaik, saat bulan April hingga Oktober.

Nah, jikalau menginginkan bersua bersama komodo, kamu bisa mampir di sekitar bulan April – Mei atau Agustus – Oktober. Kalau cuma menginginkan berlibur biasa, kamu selamanya bisa mampir sepanjang tahun ke Labuan Bajo kok (kecuali Februari gara-gara musim hujan).

3. Pilih Lama Waktu Berwisata

Waktu jadi aspek yang nggak kalah penting saat tengah memiliki rencana liburan, betul? Kapan nih kamu bisa menyita cuti atau saat berlibur? Dan sekitar berapa lama kamu punyai saat berlibur?

Kalau saat berlibur terbatas, kamu lumayan meluangkan minimal 4H3M untuk mengeksplorasi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo bersama living-on-board atau berkeliling bersama kapal.

Punya saat lebih? Kamu bisa berlibur sekitar 5H4M dan menjelajahi lebih banyak wisata alam di Pulau Komodo.

4. Menentukan Transportasi Antar Pulau yang Tepat

Transportasi antar pulau jadi perihal yang nggak kalah penting nih, kawan dekat tiket. Mayoritas wisata Labuan Bajo bukan terdapat pada Pulau Labuan Bajo-nya, melainkan pada pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jadi, kamu harus mendapatkan transportasi laut yang pas agar bisa island-hopping.

Kamu bisa laksanakan island-hopping bersama 2 cara: laksanakan perjalanan harian (day trip), atau pilih paket Live on Board.

Untuk kamu yang punyai saat terbatas, Live on Board bisa jadi opsi gara-gara perjalanan antar pulau lumayan menyita waktu. Dengan perjalanan day trip, kamu bisa saja cuma bisa berada di tiap tempat wisata tidak cukup lebih 1 jam gara-gara harus mengejar waktu. Sayang banget kan?

Namun, day trip selamanya bisa jadi pilihan bagi kamu yang menginginkan menekan pengeluaran, lebih-lebih jikalau manfaatkan alternatif transportasi layaknya kapal kayu klotok atau kapal bemo. Tapi, siap-siap aja ya untuk menempuh perjalanan yang lebih lama bersama kapal tradisional ini!

Harga paket Live on Board:

Paket sharing: Mulai dari Rp2.500.000-an/ orang*.
Paket private: Mulai dari Rp17.000.000 – Rp49.000.000/ kapal* (tergantung jumlah penumpang dan durasi onboard).
Harga day trip:

Sewa kapal bemo: Mulai dari Rp250.000/ orang*.
Naik kapal ferry: Mulai dari Rp550.000-an/ orang*.
Pesan tiket One Day Sailing di tiket.com

5. Pesan Tiket Transportasi dan Akomodasi Jauh-Jauh Hari

Untuk menuju Labuan Bajo, kamu bisa manfaatkan 3 jalur; darat, laut, dan udara. Kalau pengin jalur tercepat, kamu bisa manfaatkan pesawat.

Tentunya, kamu menginginkan memperoleh harga tiket transportasi dan akomodasi terbaik kan? Nah, kamu bisa pesan jauh-jauh hari sebelum akan keberangkatan agar memperoleh harga terbaik.

Mau promo dadakan? Kamu bisa pantengin media sosial tiket.com dan termasuk instal aplikasi tiket.com, gara-gara bakal ada promo menarik untuk bermacam hotel hingga tiket pesawat. Yeay!

6. Susun Itinerary Wisata

Sudah pilih berapa lama bakal berlibur? Sudah pesan tiket pesawat dan hotel? Selanjutnya kamu bisa jadi menyusun itinerary sepanjang berada di Labuan Bajo.

Beberapa point of interest yang harus masuk ke di dalam itinerary-mu adalah Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach, hingga Manta Point. Kalau bingung, kamu bisa mengintip misal itinerary Labuan Bajo ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.